Anda
Ingin memulai bisnis? Menjalankan bisnis tentunya
didasari oleh gagasan
/ ide bisnis. Gagasan bisnis inilah
yang akan kita tuangkan dalam suatu perhitungan bisnis yang biasa kita sebut Studi
Kelayakan Usaha
Membuat suatu studi kelayakan bisnis sederhana dapat dimuai dari :
Membuat suatu studi kelayakan bisnis sederhana dapat dimuai dari :
1.
|
Aspek Pasar
|
|
Membaca pasar secara akurat merupakan langkah yang sangat penting
sebelummemulai
usaha. Produk pesaing yang
banyak bukan alasan kita untuk mengurungkan niat memulai usaha. Justru
sebaliknya dengan banyak nya pesaing memperlihatkan bahwa pasar yang kita
masuki sangat terbuka. Sebaliknya kalau jumlah pesaing sedikit atau tidak
ada, jangan lantas kita terjun ke ceruk pasar tersebut, jangan-jangan memang
tidak ada pangsa pasarnya. Bila kita memasuki pasar yang ketat kuncinya
adalah produk yang unik, yang berbeda dengan yang lain, yang ada
keunggulannya dengan yang lain.
|
2.
|
Aspek Pemasaran
|
|
Berdasarkan analisis
pasar yang ada, aspek pemasaran harus disesuaikan dengantarget
market yang akan kita bidik.
Perlu diperhatikan empat aspek pemasaran yaitu4 P :
|
|
A. Product
Produk / Jasa mencakup mutu, kemasan, layanan, rasa, purna jual yang disesuaikan dengan konsumen. |
|
B. Price atau Harga
Harga harus disesuaikan dengan target konsumen yang akan kita bidik. Harga untuk konsumen yang berpenghasilan tinggi, menengan, atau bawah. Sesuaikan harga, produk dengan target konsumen. |
|
C. Place = Tempat Menjual
Lokasi adalah salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Setiap usahamempunyai kharakteristik tempat yang disesuaikan dengan jenis usaha dan target konsumennya. Lakukan survey untuk mencari tempat yang sesuai. Amati potensi pasarnya, potensi permintaanya, dan prospek pengembangan wilayahnya. |
|
D. Promosi
Promosi tidak harus mahal, brosur, iklan baris adalah salah satu bentuk promosi. Produk yang bagus pun bisa menjadi bentuk promosi mouth to mouth jika produk kta kita memang disukai konsumen. Lakukan promosi yang kontinyu supaya memberikan effek kontinuitas produk kita. |
3.
|
Aspek SDM
|
|
SDM adalah salah satu asset usaha yang berharga,
sebelum memilih pegawai perhatikan masalah kepribadian, kesetiaan dan
kemampuanya. Kalau usaha kita masih kecil pilihlah pegawai yang serba bisa
atau multitasking
Job Desk, sehingga kita bisa
menghemat anggaran.
|
4.
|
Aspek Teknis
|
|
Aspek teknis berkaitan
erat dengan teknis produksi dan operasional. Kita harus merencanakan dengan
baik bagaimama produksi berjalan, dimana kita mencari bahan baku, bagaimana
proses produksinya, bagaimana cara pengemasannya. Kita sebaiknya memiliki
keterampilan yang baku dalam aspek ini supaya menghasilkan produksi yang
efisien dan effektif.
|
5.
|
Aspek Keuangan
|
|
Aspek yang paling penting dalam studi kelayakan usaha adalah
perhitungan matematis untung rugi. Berapa modal yang dibutuhkan. Berapa biaya
produksi, biaya promosi sehingga kita bisa menentukan harga jual yang
kompetitif dengan memperjuangkan keungtungan yang kita harapkan. Kita juga
harus memperhitungkan return
of investment (ROI) atau tingkat pengembalian modalnya. Perhatikan juga arus kas(Cashflow). Selama arus kas masuk lebih besar dari arus
keluar berarti usaha kita tetap bisa jalan. Arus kas diibaratkan darah dalam
tubuh kita.Perlu diketahui studi kelayakan ini untuk usaaha dalam skala kecil
atau rumahan yang tidak memerlukan perhitungan yang rumit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar